Pengalaman Mendapatkan Tensorflow Developer Certificate

Tensorflow Developer Certificate

Hello temen-temen semuanya. Sudah sekitar lebih dari 5 semenjak saya lulus dari program Bangkit Academy 2021 dan Pada artikel ini saya ingin sedikit bercerita mengenai pengalaman saya mengikuti ujian Tensorflow Developer Certificate Exam hingga akhirnya lulus dan mendapatkan Tensorflow Developer Certificate. Sampai dengan artikel ini dipublikasikan, maka sudah sekitar 3 bulan setelah saya mendapatkan setifikasi. Saya harap tulisan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi para mahasiswa dan kalangan umum yang ingin mengambil Tensorflow Developer Certificate.

Apa itu Tensorflow Developer Certificate?

Singkatnya, Tensorflow Developer Certificate adalah sebuah sertifikasi atau sebuah cara untuk menunjukan kemampuan kamu dalam menggunakan dan mengimplementasikan Tensorflow. Secara spesifik untuk menguji kemampuan menggunakan Tensorflow (versi python) untuk membangun beberapa model Machine Learning seperti Linear Regression, Computer Vision, Natural Language Processing, dan Time Series Forecasting.

Menurut website resmi dari Tensorflow. Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada semua orang didunia untuk menunjukkan keahlian mereka dalam ML di dunia industri secara global yang semakin didorong oleh AI. Sertifikat Tensorflow ini dimaksudkan sebagai dasar bagi para siswa, developer, dan juga pada ilmuan yang ingin menunjukkan keterampilan Machine Learning dalam membuat dan melatih model using Tensorflow.

Mengapa Anda Perlu Mendapatkan Sertifikasi Tensorflow ini ?

Alasan pribadi saya ingin mendapatkan sertifikasi ini adalah, karna saya ingin menantang diri saya untuk bisa mengembangkan kemampuan dan juga kualitas diri yang saya miliki. Selain itu, mengikuti hal seperti ini menurut saya adalah hal yang sangat menyenangkan. Kemudian 2 alasan lainnya saya ingin mengikuti dan mendapatkan sertifikasi ini adalah :

  1. Untuk memperoleh keterampilan dasar yang diperlukan untuk membangun aplikasi yang didukung dengan Machine Learning.
  2. Menampilkan kompetensi keahlian yang dimiliki kepada para recruiter pekerjaan dimasa yang akan datang.

Menurut data dari Hacker News Hiring Trends (sebuah website yang mencantumkan koleksi bulanan pekerjaan software developer) pada Mei tahun 2020, Tensorflow lebih unggul dibandingkan dengan beberapa framework deep learning lainnya.

Bagaimana Cara Saya Mempersiapkan diri saya untuk menghadapi ujian Sertifikasi Tensorflow?

Sebelum saya mengikuti mengambil sertifikasi dan mengikuti pujian Tensorflow Developer Certificate, saya merupakan salah satu peserta dari Bangkit Academy 2021, yaitu sebuah program pelatihan dan pengembangan skill secara intensif, saya pernah membahas secara detail mengenai program ini dan bisa dibaca disini. Pada program tersebut saya mengambil Learning Path Machine Learning dan saya belajar banyak hal dari sana hingga juga diberikan voucher Tensorflow Developer Certificate agar bisa mengikuti sertifikasi ini secara gratis.

Modul yang bisa dipelajari untuk persiapan mengikuti Ujian Tensorflow Developer Certificate :

Waktu : 1 jam

biaya : Gratis

Level Utilitas : Diperlukan

Pada handbook ini mengandung berbagai informasi yang diperlukan untuk mengikuti ujian Tensorflow Developer Certificate ini. Jika anda seorang pemula, jangan khawatir, karna pada handbook ini akan membantu anda membiasakan diri dengan Tensorflow dan Machine Learning.

Waktu : 3 Minggu

biaya : $59 dollar per bulan setelah ujicoba gratis selama 7 hari

Level Utilitas : 7 / 10

Mungkin ada kalian akan bertanya-tanya kenapa saya perlu memasukan ini kedalam daftar modul yang saya pelajari. Pada modul ini mungkin tidak dijelaskan atau dicontohkan langsung mengenai penggunaan tensorflow, namun pada modul ini menurut saya justru sangat membantu saya membangun pengetahuan dasar dan konsep dasar mengenai Machine Learning sampai kebagian akarnya hingga bentuk matematis yang ada dibelakang sebuah algoritma Machine Learning.

Waktu : 3 Minggu

biaya : $59 dollar per bulan setelah ujicoba gratis selama 7 hari

Level Utilitas : 10/ 10

Modul ini adalah sumber daya yang paling relevan dan paling sesuai jika anda ingin mengikuti ujian Tensorflow Developer Certificate. Pada modul ini kita akan diajarkan oleh Lawrence Moroney dan Andrew Ng. dua orang spesialis dibidang Tensorflow dan Machine Learning. Jika kalian hanya diberikan kesempatan untuk mempelajari 1 modul dalam persiapan mengikuti ujian Tensorflow Developer Certificate. Maka modul ini adalah pilihan yang tepat dan terbaik.

Waktu : 3 Minggu

biaya : $59 dollar per bulan setelah ujicoba gratis selama 7 hari

Level Utilitas : 7 / 10

Modul ini adalah merupakan lanjutan dari modul DeepLearning.AI Tensorflow Developer. Pada modul ini kita masih akan diajarkan oleh Lawrence Moroney dan Andrew Ng, namun pada modul ini sebenarnya lebih berpusat mengenai Tensorflow lebih dalam lagi dan bagaimana kita bisa deployment model Machine Learning yang dibuat dengan Tensorflow hingga ada didalam sebuah device atau platform.

Waktu : 1 Minggu

biaya : $59 dollar per bulan setelah ujicoba gratis selama 7 hari

Level Utilitas : 8/ 10

Pada modul ini kita akan diajarkan oleh Andrew Ng dan materi yang dibahas pada modul ini berpusat pada matrix evaluation dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan model machine learning yang terbaik dilihat dari beberapa aspek

Waktu : 1 Minggu

biaya : IDR 1.500.000 per bulan

Level Utilitas : 10 / 10

Kelas yang tersedia pada Dicoding ini tentu saja sangat membantu sekali dalam menghadapi ujian Tensorflow Developer Certificate yang sebenarnya, pada kelas ini kita akan diberikan 3 paket soal dengan masing-masing 5 soal ditiap paketnya, yang mana soal tersebut adalah soal yang menyerupai dan paling mendekati soal yang sebenarnya pada ujian Tensorflow Developer Certificate.

Waktu : 5 Jam

biaya : Gratis

Level Utilitas : Diperlukan

Pada saat kita ujian Tensorflow Developer Certificate nanti, IDE yang diijinkan untuk digunakan hanyalah Pycharm, jadi sangat penting bagi kita apa bila ingin mengikuti sertifikasi ini agar membiasakan diri terlebih dahulu untuk menggunakan IDE ini.

Tambahan :

Pada program Bangkit Academy, selain beberapa modul diatas yang sudah disebutkan sebelumnya saya juga diberikan beberapa meteri tambahan seperti Apa itu Machine Learning, pengenalan pada Google Collaboratory, Pandas, Data Analisis, Exploratory Data, Data Preprocessing, Pengenalan scikit-learn, Linear Regression, implementasi Linear Regression menggunakan scikit-learn dan Tensorflow, Clustering dan Classification, dan menyimpan dan memuat model.

Saat-saat mengikuti Ujian Tensorflow Developer Certificate

Saya mengambil ujian Tensorflow Developer Certificate pada tanggal 25 September 2021, ujian sertifikasi ini berlangsung sekitar 5 jam. pada ujian ini terdapat 5 soal yang meliputi sebuah persoalan yang menguji kamampuan kita menggunakan Tensorflow untuk memecahkan masalah Linear Regression, Computer Vision, Natural Language Processing, dan Time Series Forecasting. Kesulitan pada soalnya akan terus meningkat ditiap soalnya, soal nomor 1 memiliki tingkatan paling mudah dan soal terakhir atau nomor 5 memiliki tingkatan yang paling sulit, dan tentu saja tingkatan soal tersebut juga akan mempengaruhi penilaian kita pada sertifikasi ini untuk dinyatakan lulus atau tidak lulus. Pada ujian Tensorflow Developer Certificate ini Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan nya dalam waktu 3 jam, yaitu dari pukul 13.00 hinga 16.00.

Apa yang terjadi setelah kita menyelesaikan ujian Tensorflow Developer Certificate?

Setelah kita selesai mengikuti ujian Tensorflow Developer Certificate ini kita akan langsung mendapatkan email dari Tensorflow mengenai hasil ujian kita lulus atau tidak lulus, pada email tersebut tidak diberikan keterangan berapa nilai yang kita dapatkan dan tentu saja Tensorflow memiliki standart minimum yang harus dicapai untuk bisa dikategorikan lulus.

Jika anda lulus ujian sertifikasi ini maka pastikan anda mengisi formulir dalam email yang dikirimkan kepada anda untuk memastikan anda ditambahkan kedalam Tensorflow Developer Network dan juga mendapatkan sertifikat Tensorflow Developer Certificate. Kemudian anda bisa mengakses Tensorflow Developer Networks beberapa hari setelahnya untuk melakukan cek apakah data anda sudah dimasukan kedalam sana atau belum.

Ini adalah langkah-langkah yang saya ikuti dan saya berniat untuk terus belajar. Masih banyak yang harus dipelajari terutama karena Ilmu Data adalah bidang yang berkembang pesat.

Terima Kasih

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Agung Prabowo

33 Followers

Interested and learn about programming, web development, and machine learning