Pemodelam Sistem Kedalam Bentuk Flowchart

Flowchart

Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian. Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

Alasan Flowchart Penting

  • Hubungan

Sebuah flowchart dapat memberikan gambaran secara singkat, jelas, rinci serta efektif mengenai prosedur logis dalam sebuah program.Hubungan antar komponen dalam sebuah sistem dapat digambarkan atau divisualisasi melalui flowchart, sehingga sangat mudah dipahami.

  • Analisis

Penjelasan dan penyajian dalam bentuk flowchart lebih memudahkan siapa saja untuk melakukan analisis terhadap satu bagian saja

  • Komunikasi

Simbol yang dipakai dalam flowchart tidak serta merta digunakan begitu saja. Akan tetapi telah mmemiliki standar dan serangkaian penelitian, sehingga saat ini flowchart diakui dan digunakan secara umum.

Pedoman–Pedoman Dalam Pembuatan Flowchart

  • Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.
  • Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
  • Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan secara jelas.
  • Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja, misalkan MENGHITUNG PAJAK PENJUALAN.
  • Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada urutan yang benar.
  • Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.

Simbol-Silmbol dalam Flowchart

Jenis-Jenis Flowchart

  • Flowchart Sistem (System Flowchart)
  • Flowchart Paperwork / Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
  • Flowchart Skematik (Schematic Flowchart)
  • Flowchart Program (Program Flowchart)
  • Flowchart Proses (Process Flowchart)

Flowchart Sistem

Flowchart Sistem merupakan bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi yang membentuk suatu sistem.

Flowchart Dokumen

Bagan alir dokumen (Document Flowchart) atau dikenal juga sebagai bagan alir formulir (form flowchart), bahkan beberapa orang mengenalnya dengan nama paperwork flowchart. Jenis bagan seperti apakah yang satu ini? Meskipun istilahnya cukup banyak, namun jangan khawatir karena untuk menegenalinya tidaklah sulit. Document flowchart sendiri tidak dapat terpisahkan dengan flowchart sebelumnya, yaitu flowchart sistem. Akan tetapi yang membedakan bagan alir jenis ini lebih spesifik menggambarkan sebuah manajemen maupun pelaporan dari sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Flowchart Skematik

Bagan alir skematik ini memiliki kesamaan dengan bagan alir sistem, dimana untuk menggambarkan semua prosedur yang terdapat dalam sebuah sistem. Perbedaan bagan alir skematik tidak menggunakan simbol flowchart serta bagan alir skematik menggambarkannya dengan lebih detail. Penggunaan bagan alir jenis ini biasanya untuk mengomunikasikan alur sistem kepada mereka yang tidak mengerti dan paham dengan simbol flowchart.

Flowchart Program

Flowchart Program dihasilkan dari Flowchart Sistem. Flowchart Program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dilaksanakan. Flowchart ini menunjukkan setiap langkah program atau prosedur dalam urutan yang tepat saat terjadi. Programmer menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan instruksi dari program komputer. Analis Sistem menggunakan flowchart program untuk menggambarkan urutan tugas-tugas pekerjaan dalam suatu prosedur atau operasi.

Flowchart Proses

Flowchart proses adalah penggambaran proses industrial untuk memecahkan sebuah masalah serta menganalisis langkah selanjutnya dalam sebuah sistem atau prosedur. Flowchart ini biasa digunakan dalam lingkungan industri dan analisis sebuah sistem.

Contoh Program dengan Flowchart

Flowchart Menu Pertama

Submenu Program — Pelanggan

Submenu Program — Buku

Submenu Program — Sewa

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning