Menonaktifkan Windows Defender, Windows Defender Firewall, Windows Update pada Windows 10

Windows defender merupakan sebuah software antivirus bawaan yang sudah ada pada saat kita install Sistem Operasi Windows 10. Untuk mengatasi malware, virus, worm dan sejenisnya. Meskipun windows defender ini cukup baik dan handal namun juga ada kondisi dimana kita ingin mematikan secara sementara atau bahkan secara permanen windows defender ini. Berikut ini adalah cara menonaktifkan windows defender.

Menonaktifkan Windows Defender

Untuk mengaktifkan nya lagi maka hanya perlu melakukan langkah yang sama seperti yang sudah dijelaskan diatas, namun jangan lupa pada bagian no.4 untuk mengubah real-time protection nya dari off menjadi on.

Menonaktifkan Windows Defender Firewall

Pengertian Windows Firewall sendiri adalah suatu aplikasi atau software yang disediakan windows yang berfungsi untuk memberikan perlindungan kepada sistem komputer itu sendiri. Perlindungan itu berupa deteksi terhadap suatu jaringan, apakah jaringan tersebut aman atau tidak. Jika jaringan tersebut dirasa aman maka windows firewall otomatis akan mengizinkan. Namun sebaliknya, jika jaringan tersebut dirasa tidak aman maka aka di block oleh firewall. Karena semua jaringan komunikasi harus melewati fire wall, maka fungsi firewall adalah sebagai berikut:

Mungkin ada suatu kondisi atau keadaan dimana kita ingin mematikan firewall untuk kepentingan tertentu. Berikut ini adalah cara menonaktifkan Windows Defender Firewall.

Menonaktifkan Windows Update

Windows update adalah layanan untuk menyediakan fitur-fitur terbaru dan pemutakhiran sistem operasi Windows dan komponennya yang disediakan oleh Microsoft. Layanan ini berjalan baik untuk memperbaik bug yang ada, meningkatkan kinerja, dan bahkan menambah fitur-fitur terbaru. Namun, tidak jarang Windows Update menyebabkan crash pada Sistem Operasi akibat aplikasi atau fitur barunya tidak kompatibel dengan hardware yang ada. Tentu saja hal-hal tersebut harus dicegah, untuk mencegahnya maka kita mematikan windows update tersebut. Banyak cara untuk mematikan layanan windows update tersebut. Salah satunya menggunakan fitur disable yang terdapat pada control panel. Cara ini termasuk yang cukup mudah karna tidak banyak perintah yang harus dilakukan. Berikut ini adalah cara menonaktifkan Windows Update.

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning