Konfigurasi IP Address Statis, IP Address dari Statis Ke Dinamis, dan DNS Server pada Windows 10

Di Windows 10, melakukan konfigurasi pada IP address statik merupakan salah satu hal yang penting dalam beberapa hal. Contohnya, jika kamu ingin melakukan sharing file pada printer ataupun jaringan lokal atau ketika ingin konfigurasi port fowarding.

Karena secara default, perangkat yang terkoneksi ke jaringan biasanya menggunakan IP address dinamik (biasanya terjadi pada ketika kamu terkoneksi dengan WiFi), dimana IP akan berubah ketika kamu restart laptop atau ketika IP dinamik tersebut expired. Dengan mengkonfigurasi statik IP address, maka kamu dapat memastikan konsistensi alamat IP yang ada pada perangkat. Berikut ini adalah konfigurasi IP Address statis.

Konfigurasi IP Address Statis

Konfigurasi IP Address dari Statis Ke Dinamis

Meskipun menggunakan IP Address static sangat direkomendasikan untuk end-user karena konfigurasi yang tidak pernah berubah. Tetapi jika menginginkan konfigurasi IP yang berubah-ubah, maka Dynamic IP address bisa menjadi pilihan.

Jika kamu saat ini menggunakan static IP address dan ingin berubah menjadi dynamic. Maka kamu bisa melakukannya dengan mudah, salah satunya melalui Control Panel. Berikut ini cara setting konfigurasi IP Address dri statis ke dinamis

Konfigurasi DNS Server

Sebelumnya bagi kamu yang belum memahami apa itu DNS Server. Singkatnya DNS (Domain Name System) merupakan sebuah server yang memiliki fungsi untuk menerjemahkan nama domain suatu website ke alamat IP address dan sebaliknya. Dengan memanfaatkan DNS, maka kamu dapat dengan mudah membuka suatu halaman web hanya dengan mengetikan nama websitenya saja tanpa perlu memasukan alamat IP website tersebut.

Kembali lagi ke pembahasan awal, ketika kamu terkoneksi dengan internet, secara default kamu akan menggunakan DNS server dari ISP (Internet Service Provider), misalnya dari MyRepublic, IndiHome, MNC Play, dsb. Namun terkadang, DNS server yang berasal dari ISP mengalami slow responding, sehingga membuat web terasa sedikit lebih lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat menggunakan alternatif DNS server pihak ke-3, misal menggunakan DNS Google atau OpenDNS. Berikut adalah konfigurasi untuk DNS Server.

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning