Konfigurasi Berbagi File menggunakan File Explorer dan menggunakan LAN

Berbagi File menggunakan File Explorer

Metode ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar, karena tidak terbatas pada PC baru: Berbagi file dan folder bersama menggunakan metode ini akan dapat diakses oleh perangkat pada jaringan lokal Anda. Ini berarti bahwa Anda dapat berbagi folder gambar, misalnya, dan melihat mereka pada Mac, atau bahkan tablet Android, selama mereka terhubung ke jaringan yang sama. Berikut ini adalah langkahnya.

Konfigurasi Berbagi File menggunakan LAN

Kabel LAN sendiri terdiri dari kabel Straight, Cross dan Roll-over. ketiga kabel ini memiliki fungsi dan kegunaannya masing masing, untuk melakukan sharing file dan folder ke sesama komputer ataupun mekukan sharing file ke printer, kamu bisa menggunakan kabel Straight.

untuk melakukan transfer file, kamu perlu membuat jaringan LAN terlebih dahulu baru kamu bisa melakukan sharing file ke beberapa pc sekaligus. kamu bisa mengkombinasikan ketiga kabel tersebut sesuai dengan fungsinya masing masing. selain itu jika jaringan terdiri dari 3 komputer atau lebih kamu juga memerlukan HUB ataupun Switch sebagai media penghubung.

Setelah selesai mengatur konfigurasi sharing file, selanjutnya siapkan folder yang ingin dibagi. Sebagia contoh, disini saya ingin berbagi file dari komputer satu ke komputer dua. Silahkan buka komputer satu lalu ikuti cara ini.

Setelah pengaturan sharing dari komputer satu sudah diatur, sekarang komputer dua sudah bisa mengakses folder yang dibagikan oleh komputer satu tadi. Berikut cara mengaksesnya.

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning