Element User Persona dan Contoh Pembuatan User Persona

Bagi Orang yang bekerja dibidang marketing maupun bidang desain produk. pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya user persona. Membangun user persona dinilai sangat penting agar bisa mencapai target dan juga tujuan agar lebih mudah dan cepat. dengan membangun user persona diharapkan produk akan lebih tepat sasaran kepada konsumen. Pembuatan user persona sendiri dilakukan saat proses pembuatan produk. hal ini dikarenakan anda harus menentukan spesifikasi dan citra produk yang disesuaikan dengan karakter user. dengan begitu para user produk akan merasa dipedulikan dan dipahami.

Apa itu user persona?

User persona adalah representasi tujuan yang didasarkan pada kebutuhan sekelompok user dalam menggunakan suatu produk tertentu. Mengutip dari Career Foundry, user persona adalah sebuah karakter fiksi. Namun karakter ini tidak sembarang diciptakan. Ia wajib mewakili seorang user yang ideal. Dalam mendesain produk wajib menambahkan berbagai detail seperti perilaku, skill, sikap, dan berbagai informasi lainnya. Elemen yang ada pada user persona biasanya meliputi

  • Nama dan Foto
  • Deskripsi pekerjaan
  • Umur dan lokasi tempat tinggal
  • Perilaku user produk
  • Tujuan dan harapan
  • Kebutuhan dan motivasi terhadap penggunaan produk

Mengapa User Persona itu penting?

Tentu kita berfikir untuk apa kita repot-repot membuat user persona dalam mendesain produk. bisa saja kita langsung mendasain produk sesuai yang kita inginkan. Ternyata menciptakan user persona dalam mendasain produk memiliki banyak manfaat loh. Dikutip dari Adobe Blog dan Clever Tap, beberapa manfaat dari pembuatan user persona adalah:

Dengan memahami user. para desainer tentu jadi lebih mudah mengetahui Apa ekspektasi user? Apa yang mereka butuhkan? Apa yang mereka inginkan? Apa permasalah dan solusi yang mereka harapkan? dan banyak hal-hal detail lainnya.

Tentunya dengan membuat produk yang sesuai dengan keinginan user akan membuat User Experience yang baik pun menjadi lebih mudah untuk diciptakan.

Jika sebuah produk diciptakan atau dibuat sesuai dengan keinginan pengguna. tentu saja pembuatan user persona akan membantu para desainer dalam menentukan dan memutuskan produk apa yang cocok untuk user yang dituju

Pembuatan user persona tidak hanya ditujukan untuk para desainer. namun juga untuk berbagai pihak lainnya. seperti pimpinan perusahaan, pekerja marketing, dan lainnya. Mereka memiliki latar belakang pekerjaan dan juga pemahaman yang berbeda. Hasil Research ini tentu saja akan mempermudah mereka dalam memahami user yang akan dituju dan menjadi target pasar.

User persona adalah hal yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak di sebuah perusahaan. Sehingga tiap-tiap departemen memiliki tujuan, visi, pemahaman, dan pandangan yang sama antar satu sama lainnya.

Dibawah ini adalah contoh user persona yang saya buat sendiri.

CONTOH USER PERSONA TRAYEK ANGKOT

10 Element yang ada pada gambar di atas :

1. Profil

2. Personality

3. Must Do

4. Must Never

5. Mobile Application

6. Goal

7. Technology Expertise

8. Brands & Influencers

9. Quotes

10. Preference Channel

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning