Bangkit 2021 Vol 2 : Pengalaman Saya Mengikuti Program Bangkit 2021

Sumber :

Halo temen-temen. Saya Agung Prabowo Peserta program Bangkit Academy 2021. Sudah hampir sebulan sejak saya lulus dari program Bangkit Academy 2021. Dan ini artikel saya yang membahas pengalaman saya mengikuti program Bangkit 2021.

Pada artikel sebelumnya (), kita sudah membahas tentang “apa itu program Bangkit 2021?” Nah, pada kali ini saya akan membahas tentang pengalaman pribadi saya mengikuti program Bangkit 2021 selama kurang lebih 5 bulan.

Apa yang akan dibahas pada artikel ini :

  • Pendaftaran di Bangkit 2021
  • Learning Path yang diambil
  • Modul yang ada Pada Learning Path
  • Modul Soft Skill
  • Sesi Guest Speaker

Bagaimana Cara Mendaftar Pada Program Bangkit?

Saya mendaftar program ini pada . Di website tersebut terdapat informasi mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar dan juga form untuk mendaftar. Ini adalah tahapan untuk mendaftar program Bangkit.

1. Pendaftaran

Pada proses ini kalian hanya diharuskan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan oleh team Bangkit dan menunggu respon dari team bangkit.

2. Assesmen

Assesmen ini dimaksudkan untuk menguji para calon peserta yang mendaftar pada program Bangkit ini agar sesuai dengan standart minimum yang telah ditentukan oleh team Bangkit. Kalian akan mendapat email seperti ini dari team Bangkit.

Email respon dari Bangkit untuk menyelesaikan Assesmen

Pada assesmen ini terdiri dari 3 tahap, yaitu assesmen dari dicoding yang berupa dasar perhitungan matematika dan pemrograman dasar. Kemudian ada Test candidate assessment yang menyerupai psikotes untuk para calon peserta.

3. Faculty Approval Submission

Faculty Approval Submission, yaitu persetujuan final dari universitas. Apabila kita telah selesai mengerjakan semua assesmen, kita diharuskan membuat akun pada web dan melengkapi profil sekaligus juga meminta approvement/persetujuan kampus melalui website tersebut. Kita akan diberitahukan melalui email apabila telah mengerjakan semua itu.

Email respon dari Bangkit ketika kita telah mengerjakan semua assesmen

4. Menunggu

Setelah melengkapi semua persyaratan administrasi dan juga mengerjakan semua assesmen yang ada hal terakhir yang dilakukan adalah menunggu informasi lebih lanjut dari team Bangkit apakah kita dinyatakan lulus atau tidak.

Email dari Bangkit ketika dinyatakan lulus seleksi
Email dari Bangkit ketika kita telah melakukan konfirmasi

Apa Learning Path yang saya ambil pada Bangkit 2021?

Pada program Bangkit 2021 ini Saya memilih untuk mengambil Learning Path Machine Learning sebagai pilihan pertama dan juga Cloud Computing sebagai pilihan kedua. Namun pada akhirnya yang saya terpilih untuk lolos pada Learning Path Machine Learning. Ketertarikan saya secara pribadi kepada hal matematis dan juga komputasional menjadikan saya lebih memilih Machine Learning sebagai pilihan pertama.

Modul Apa saja yang disediakan?

Bangkit 2021 menyediakan beberapa platform belajar seperti Coursera, Dicoding, dan juga Qwiklabs. Namun pada Learning Path Machine Learning kita hanya menggunakan Coursera dan Dicoding. Terdapat 6 modul kursu pada Coursera yang harus diselesaikan 2 modul adalah modul yang ada pada Learning Path Cloud Computing dan Machine Learning dan 4 sisanya hanya khusus untuk Machine Learning. 2 Modul yang tersedia untuk Machine Learning Path dan Cloud Computing adalah dan .

Modul untuk Machine Learning & Cloud Computing Path

Sedangkan 4 modul yang tersedia hanya untuk Machine Learning Path adalah , , , dan .

Modul khusus untuk Machine Learning Path

Kemudian ada 2 modul dari Dicoding yang dikhusus kan untuk para peserta Machine Learning Path, yaitu (optional) dan .

Modul khusus untuk Machine Learning Path

Apakah ada modul dibidang soft skill?

Seorang Developer pastinya dituntut untuk memiliki skill coding (hard skill) yang sangat baik, namun tidak hanya itu. Seorang developer tentu saja juga harus memiliki soft skill yang bagus untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Pada program Bangkit ini tentu saja tidak hanya dilatih hard skill nya saja, namun juga dilatih soft skill nya juga. di Bangkit kita juga diajarkan hal-hal yang bisa menunjang soft skill kita, yaitu Life Path, Digital Branding, Time Management, Professional Communication, Giving & Receiving Feedback, Adaptability, Persuasive Leader, Critical Thinking, Idea Generation and MVP Planning, Bussiness Finance, Startup Valuation, dan juga ada bootcamp yang membahas Digital Branding dan Communication selama 2x pertemuan.

Pada sesi soft skill ini materi yang diberikan adalah berupa modul yang terdapat pada gdrive yang tidak bisa kita download karna alasan hak cipta dan melalui sesi ILT yang dilakukan di google meet selama 2 jam. Semua materi dilakukan dalam 1x pertemuan kecuali materi Persuasive Leader yang dilakukan selama 4x pertemuan dan juga Bootcamp Digital Branding dan Communication yang dilakukan 2x pertemuan selama 3 jam per pertemuan. Kemudian disetiap materi biasanya akan diberikan tugas untuk menguji pemahaman para peserta terhadap materi tersebut.

Apa itu Sesi Guest Speaker?

Selain itu semua, ada juga sesi Guest Speaker. Dimana pada sesi tersebut team Bangkit mengundang para pakar dan para ahli yang berada dibidang teknologi untuk memberikan motivasi, tips & trik, dan juga memberikan pengalaman dan pandangan mereka tentang teknologi saat ini dan bagaimana kita harus mempersiapkan diri menuju masa depan.

Giovanni Sakti Nugraha, head of engineering at GoPay
Nicole Le, head of machine learning and responsible engineering education at Google
Laurence Moroney, lead AI advocate at Google

Capstone Project

Terakhir adalah kegiatan Capstone Project. Khusu untuk pembahasan Capstone Project saya akan membahasnya pada Vol 3. Sampai ketemu di Vol 3 temen-temen.

Kesimpulan

Setelah pada kita berkenalan dengan program Bangkit. Pada kali ini saya membahas lebih jauh lagi kegiatan apa saja yang saya lakukan untuk mengikuti program Bangkit dana apa saja kegiatan yang ada pada program Bangkit 2021. Semoga tulisan ini memberikan banyak ilmu, pandangan, dan juga wawasan yang cukup bagi para calon peserta Bangkit 2022 nantinya. Cukup sekian dulu untuk tulisan mengenai Bangkit ini semoga bisa bermanfaat buat temen-temen semuanya yang membaca. Saya akan melanjutkan nya pada Vol 2. Dimana saya akan menceritakan pengalaman saya menjalani Bangkit Capstone Project Selama 1 bulan.

Terima Kasih

--

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

More from Medium

Were you riding Citi Bike On July 4th?

12 Quotidian Affairs by Author Manank Panchmatia — The next big thing in the market!

Video Communication & Cisco’s Role In It

8 Software Testing Trends That Stole The Spotlight In 2021