Bangkit 2021 Vol 1 : Apa yang harus kamu tau tentang Google’s Bangkit Program 2021?

Sumber :

Halo temen-temen. Saya Agung Prabowo Peserta program Bangkit Academy 2021. Sudah hampir sebulan sejak saya lulus dari program Bangkit Academy 2021. Dan ini artikel saya yang membahas pengalaman saya mengikuti program Bangkit 2021.

Saya harap tulisan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi mahasiswa lainnya yang mungkin ingin mengikuti program Bangkit ditahun 2022 atau sekedar mencari tahu program yang bisa meningkatkan kemampuan baik hard skill maupun soft skill.

Apa itu Bangkit Program?

Secara simple program Bangkit adalah sebuah program pelatihan secara intensif yang didesain untuk menyiapkan para talenta-talenta muda berbakat Indonesia dibidang digital dengan pelatihan dibidang Hard skill maupun soft skill. Kurikulum yang ada di Bangkit terdiri dari 3 Learning Path, yaitu Machine Learning, Android Developer, dan Cloud Computing. Kamu bisa mengecek nya .

Sumber :
Sumber :
Sumber :

Program Bangkit sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2020. Pada saat itu program Bangkit hanya membuka 1 Learning path, yaitu Machine Learning dan hanya menerima sekitar 300 perserta dan jumlah total peserta yang lolos hingga akhir program berjumlah sekitar 219 peserta.

Pada tahun 2021 ini program Bangkit bekerja sama dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga program Bangkit ini bisa dikonversi setara dengan 20 sks. Dan juga tahun 2021 ini peserta program bangkit bertambah dari yang tadinya 300 peserta pada tahun 2020 menjadi 3000 peserta pada tahun 2021. Saya pikir ini dulunya merupakan program offline, diselenggarakan di beberapa universitas tuan rumah (jadi mahasiswa dari universitas bukan tuan rumah akan ditempatkan di tuan rumah terdekat). Saat angkatan saya dimulai selama pandemi, kami melakukan semuanya dari jarak jauh, jadi universitas tuan rumah tidak banyak berpengaruh. Anda dapat melihat peristiwa masa lalu di situs webnya atau mencari beberapa di antaranya di YouTube.

Apa yang sebaiknya kamu persiapkan sebelum mendaftar?

Pada dasarnya kita bisa melihat semua persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti program Bangkit ini pada website Bangkit. Pada website tersebut juga dimana kita mendaftar program Bangkit. Namun selain persyaratan yang diposting pada website saya pikir peserta juga harus memastikan bahwa mereka memiliki cukup waktu untuk program ini. Karena ini adalah program full time selama 5–6 bulan dan tidak disarankan mengikuti program Bangkit ini sambal mengikuti program full time lainnya.

Program Bangkit ini bisa diikuti oleh semua mahasiswa dari seluruh Indonesia dan semua jurusan, baik IT maupun non IT bisa mendaftar program ini selama bisa lulus pada penilaian seleksi awal. Namun saya pikir jauh lebih baik jika sudah memiliki pengetahuan dasar pemrograman. Tentu, program ini dimulai dengan kursus pemrograman dasar, tetapi kemudian tiba-tiba melompat ke kursus jalur yang jauh lebih sulit dan spesifik. Kemudian, para peserta juga sebaiknya memiliki kesadaran literasi yang tinggi. Maksudnya, saya hanya merasa sedikit sedih melihat banyak “siswa terbaik Indonesia” yang dipilih untuk mendaftar ke Bangkit hanya memiliki kesadaran literasi di bawah rata-rata. Ini termasuk kehilangan informasi penting yang sebenarnya telah diposting berkali-kali, atau bahkan mengajukan pertanyaan di forum diskusi yang baru saja dijawab.

Yang terakhir adalah sikap yang baik. karena kebanyakan aktifitas yang akan dilakuakn semuanya dari jarak jauh sehingga para peserta dan mentor tidak benar-benar bertemu muka. Tapi sesuatu yang penting akan terlihat selama sesi yang diselenggarakan di YouTube. Bagian live chat, atau terkadang slido sering di-spam dengan pesan yang tidak pantas atau tidak sopan, terutama untuk kaum terpelajar. Dan sesi YouTube ini bisa ditonton oleh siapa saja.

Apa yang disediakan oleh Bangkit?

Tentu saja banyak fasilitas dan tools yang disediakan oleh Bangkit Program ini, diantaranya :

1. Email Bangkit

Bangkit kemudian akan menyediakan akun Google Bangkit untuk para peserta. Akun ini akan memberi kami akses ke email google meet, google calender, dan banyak fitur GSuite lainnya untuk tujuan Bangkit.

2. Server Discord

Ini adalah portal informasi resmi utama untuk siswa. Bangkit membuat server ini dan yang perlu dilakukan peserta hanyalah bergabung menggunakan akun pribadi. Ini sebenarnya salah satu hal yang paling menyulitkan di awal, di mana semua informasi mengalir masuk setiap jam. Dan harus benar-benar perlu diperiksa setiap beberapa jam agar tidak tertinggal terkait informasi.

3. Tribo

Bangkit juga menggunakan Tribo untuk informasi lain, seperti memposting video perkenalan atau bahkan melakukan beberapa tantangan. Rasanya seperti media sosial yang digunakan secara internal oleh tim Bangkit dan mahasiswa.

4. Student Portal

Ini juga merupakan portal informasi resmi. Hampir setiap hal dapat ditemukan di sini, seperti jadwal, buku panduan, informasi proyek batu penjuru, dan banyak lagi. Ini, dan Discord, adalah sumber informasi yang paling penting dan dapat diandalkan

5. Akun Course dan juga Token

Bangkit menyediakan kursus dari platform, seperti Coursera, Dicoding, dan Qwiklabs. Beberapa dari kursus mengharuskan siswa untuk membuat akun baru menggunakan email Bangkit, sementara beberapa kursus diperbolehkan menggunakan akun pribadi dengan token yang diberikan.

6. Sertifikat kelulusan

Setelah siswa lulus dari Bangkit, mereka akan menerima transkrip nilai dan juga sertifikat kelulusan.

7. Merchandise

Ini adalah toko online di mana siswa dapat membeli beberapa barang dagangan menggunakan poin. Poin dapat diperoleh dari mencapai atau menyelesaikan beberapa tugas atau kursus, dan juga melakukan tantangan Tribo.

8. Kupon untuk Sertifikasi

Para peserta yang Lulus akan mendapatkan kupon untuk mengikuti tes sertifikasi khusus untuk jalur pembelajaran yang sesuai. Untuk ML Sertifikat Pengembang TensorFlow, untuk Android Sertifikasi Pengembang Android Associate, dan untuk komputasi awan Sertifikasi Associate Cloud Engineer.

Kesimpulan

Nah, itu semua adalah hal-hal yang harus kalian ketahui tentang program Bangkit 2021 ini. Program ini adalah program yang sangat luar biasa dan memberikan banyak ilmu, pengalaman, dan juga kesempatan bagi para pesertanya. Cukup sekian dulu untuk tulisan mengenai Bangkit ini semoga bisa bermanfaat buat temen-temen semuanya yang membaca. Saya akan melanjutkan nya pada Vol 2. Dimana saya akan menceritakan pengalaman saya menjalani program Bangkit selama 5 bulan.

Terima Kasih.

--

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

More from Medium

Core Features Of Gojek Clone App That’ll Boost Your Presence In On-Demand Business

gojek clone app

Explorer hidden Keywords with Daraz Toolkit to optimize listings using Keywords Bank

DataHub Basics: Users, Groups, Authentication

Copying AWS S3 Objects from One Account to Another.