10 Prinsip Heuristik Usabiity pada “kaskus.co.id”

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Heuristic Usability. Apa itu heuristik usability? Buat para mahasiswa khususnya jurusan Teknik Informatika, tentu pernah mendengan heuristik usability. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas 10 heuristik Usability pada User Interface.

Sebelum kita membahas Heuristic Usability, kita harus memahami dlu apa itu Usability?
Usability adalah sebuah kondsi dimana seseorang dapat dengan mudah menggunakan sebuah alat atau objek buatan manusia untuk mencapai tujuan tertentu.

Heuristic berkaitan dengan prosedur analitis untuk memberikan perkiraan yang tepat dan pengecekan ulang sebelum memberikan kepastian.

Heuristik Usability adalah metode untuk menganalisa suatu alat atau objek agar memberikan kemudahan dalam penggunaan dalam mencapai suatu tujuan. Prinsip ini dikemukakan oleh Jacob Nielsen (1995), dan dikenal dengan istilah 10 Usability Heuristic for User Interface Design.

Jacob Nielsen juga memberikan skala penilaian tentang seberapa buruk Usability dari evaluasi Heuristicnya. yaitu berupa angka 0 sampai 4.

0 = tidak setuju, tidak ada masalah
1 = tidak perlu diperbaiki, kecuali ada waktu tambahan untuk projek
2 = permasalahan cukup serius, prioritas rendah
3 = permasalahan serius, prioritas tinggi
4 = penting untuk melakukan perbaikan sebelum produk direlease

Kali ini saya akan mengevaluasi Heuristic Usability pada “kaskus.co.id”

1. Visibility of System Status

Suatu kondisi yang mampu memberikan informasi yang terjadi pada user baik yang sedang dilakukan, sedang dibagian apa dan apa yang terjadi.

Website ini menurut saya sudah memenuhi prinsip yang pertama karena ketika kita memilih kategori, maka menu kategori tersebut berubah warnanya sehingga membedakan dengan menu yang lainnya.

skala severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah

2. Match Between System and The Real World

Sistem sebaiknya berbicara dengan bahasa manusia yang familiar digunakan pengguna. Dengan mengikuti dunia nyata yang ada, kemudian dibawa ke sistem agar tetap natural. Selain itu juga terdapat istilah “metaphor” yang mana sistem yang pengguna gunakan sama dengan sehari-hari.

Pada forum jual beli kaskus. logo-logo yang digunakan suda cukup sesuai dengan kenyataan sehari hari, dan juga cukup simple sehingga mudah dimengerti oleh pengguna. Namun ada beberapa kategori yang sebaiknya disatukan saja. yaitu kategori “vidoe game” dengan “Mobile game”. dan juga kategori “handphone” dengan “elektronik” yang sebaiknya juga disatukan karena logo yang hampir sama dikhawatirkan dapat membingungkan pengguna.

skala severitas :
2 = permasalahan cukup serius, prioritas rendah

3. User Control and Freedom

Mampu memberikan kemudahan dan kebebasan kepada user dalam menggunakan interface.

Terdapat fitur “hide” dan “show” yang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melihat gambar pada thread tersebut atau tidak. dan juga fitur “cendol” dan “bata” ibarat fitur like dan dislike juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengutarakan suka maupun tidak sukanya terhadap suatu thread.

skala severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah

4. Consistency and Standart

Sebuah design yang konsisten dan baik akan memudahkan user dalam menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Hindari penggunaan gambar yang berbeda namun memiliki makna yang sama.

Disini kita bisa melihat antarmukanya. baik versi web dengan versi mobile keduanya memiliki logo, setting, dan layout yang mirip dan hampir sama. sehingga memudahkan pengguna dalam beradaptasi. meskipun mungkin pengguna butuh beberapa waktu untuk mencari kategori atau menu yang ada pada layar beranda web saat menggunakan versi mobile.

skala severitas :
1 = tidak perlu diperbaiki, kecuali tersedia waktu tambahan untuk project

5. Error Prevention

Lebih baik membuat desain yang baik daripada memperbanyak pesan error, sehingga diharapkan akan membuat user menghindari kesalahan yang akan dilakukan sejak pertama kali.

Fitur “pencarian terpopuler” saat di menu search, tentu ini membantu pengguna mengetahui apa saja yang sedang banyak dicari dan dibahas saat ini. namun tidak terdapat fitur auto recommend, sehingga bisa saja pengguna melakukan kesalahan pengetikan maka hasil pencarian tidak akan muncul.

skala severitas :
2 = masalah cukup serius, prioritas rendah

6. Recognition Rather Than Recall

Minimalkan ingatan user dengan membuat objek, tindakan, dan pilihan yang mudah terlihat. Jangan membuat user mengingat-ingat apa yang dilakukan setelahnya

Terdapat fitur semua produk pada forum jual beli yang memudahkan pengguna untuk mencari dan tidak perlu mengingat produk apa saja yang terdapat pada situs ini.

skala severitas :
1 = Tidak perlu diperbaiki, kecuali ada waktu tambah untuk project

7. Flexbility and Efficiency of Use

Bagi user atau pengunjung baru mereka pasti akan mempelajari sistem itu terlebih dahulu. Apalagi aplikasi tersebut memilki fitur yang banyak, user pasti membutuhkan yang lebih banyak dalam mempelajarinya. oleh karena itu aplikasi haruslah fleksibel dan efisien.

Untuk sebuha website yang mempunyai fitur yang banyak. web ini dapat mengemas seluruh isi kategori mereka dalam tampilan yang cukup simple sehingga menghemat waktu dalam pencarian dan memudahkan bagi user pemula yang sedang mempelajari web tersebut.

skala severitas :
0 = tidak setuju, tidak menjadi masalah

8. Aesthetic and Minimalis Design

Design layout yang baik haruslah nyaman dipandang dengan menggunakan kontras warna yang baik, porsi yang sesuai dan serasi.

tampilan beranda websitenya sudah dibuat cukup simple. tapi masih terlihat berantakan dan tidak rapih.

skala severitas :
3 = Masalah serius, prioritas tinggi

9. Help User Recognise, Diagnose, and Recover From Errors

Desain yang baik dan nyaman tentu belum lengkap tanpa adanya penanganan error bila terjadi. Saat error terjadi, aplikasi seharusnya tidak hanya memberikan pesan error namun juga memberikan solusi.

Saat pencarian tidak ditemukan hanya ada pesan error, tidak ada pesan untuk memberitahu solusi bahwa pengguna harus melakukan apa.

skala severitas :
3 = masalah serius, prioritas tinggi

10. Help and Documentation

Untuk membantu mereka dalam menyelesaikan masalah atau pekerjaannya kita perlu diberikan fitur bantuan dan dokumentasi dari kemungkinan kesalahan dalam penggunaan.

Terdapat fitur pusat bantuan yang mana nerupakan fitur yang berfungsi untuk mempermudah user dan mencegah terjadinya kesalahan. menu ini juga di buat dengan design yang menarik sehingga membuat pengguna ingin membacanya.

sekian evaluasi 10 prinsip heuristik usability pada “kaskus.co.id”

Referensi :

--

--

Interested and learn about programming, web development, and machine learning

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Agung Prabowo

Interested and learn about programming, web development, and machine learning